• Sabtu, 18 September 2021

Sejarah 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

- Sabtu, 10 November 2018 | 12:00 WIB
Strategi.id - Sejarah 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?
Strategi.id - Sejarah 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Strategi.id - Pertempuran strategi.id/tag/Surabaya">Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota strategi.id/tag/Surabaya">Surabaya, Jawa Timur.

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan. Pasukan sekutu mendapatkan perlawanan dari pasukan dan milisi Indonesia.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia terhadap kolonialisme.


Berlangsungnya sebuah peperangan yang dahsyat antara tentara dengan milisi strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia untuk melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Sebuah peristiwa pertempuran dahsyat yang berlangsung di strategi.id/tag/Surabaya">Surabaya antara masyarakat surabaya dengan serdadu NICA yang dimana dari pihak NICA diboncengi oleh negara Belanda.


Baca Juga : Presiden Jokowi Ingin Para Santri Cinta Bangsa dan Nasionalis


Selain Bung Tomo terdapat pula tokoh-tokoh berpengaruh lain dalam menggerakkan rakyat strategi.id/tag/Surabaya">Surabaya pada masa itu, beberapa datang dari latar belakang agama seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya juga mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat sipil sebagai milisi perlawanan (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kyai/ulama) sehingga perlawanan pihak strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia berlangsung alot, dari hari ke hari, hingga dari minggu ke minggu lainnya.Pertempuran ini mencapai waktu sekitar tiga minggu.

Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari strategi.id/tag/Surabaya">Surabaya.Korban dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 600 - 2000 tentara.

Pertempuran berdarah di strategi.id/tag/Surabaya">Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia untuk melakukan perlawanan.

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik strategi.id/tag/Indonesia">Indonesia hingga sekarang.

 

Editor: Bernadetha Tiara

Tags

Terkini

Bamsoet: Cintailah dah Belilah Produk Dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 | 15:45 WIB
X