• Kamis, 21 Oktober 2021

Diskusi Indonesia Muda: Masyarakat Subyek Dalam Menentukan Arah Pembangunan Infrastruktur

- Minggu, 27 Januari 2019 | 20:00 WIB
Diskusi Indonesia Muda
Diskusi Indonesia Muda


Strategi.id-Antropolog Universitas Diponegoro, Dr. Adi Prasetijo, menjelaskan bahwa selama pemerintahan Jokowi yang mengutamakan pembangunan infrastruktur, telah mengorbankan masyarakat yang sesungguhnya merupakan subyek utama dari pembangunan," terangnya dalam diskusi Jum'atan Indonesia Muda yang bertajuk "Membangun Indonesia Tanpa Hutang", yang dilaksakan pada hari Jum'at, (25/1/19) , di Rumah Aspirasi Prabowo-Sandi, Jl. Cut Meutia No. 18, Menteng, Jakarta Pusat.





Faktor sosial dan lingkungan yang seharusnya sejak awal menjadi prasyarat kelayakan proyek infrastruktur, banyak dikesampingkan. Salah satu akar masalahnya adalah penggunaan UU No.2 tahun 2012 yang dipakai menjadi acuan pengadaan tanah.





Baca Juga : Indonesia Muda: Membangun Indonesia Tanpa Hutang





"Masyarakat dipaksa untuk menerima penggantian tanah lokasi proyek, sehingga jika tidak menyetujui harus berurusan dengan pengadilan," terang Adi.





"Masyarakat yang tidak memiliki tanah seperti para penggarap, tidak dipertimbangkan kelanjutan hidupnya ketika sumber nafkah mereka hilang," tambahnya.





Dalam prasyarat lingkungan yang harus dituangkan dalam Amdal juga sering tidak memasukkan aspek kebencanaan sehingga abai atas ancaman gempa, likuifaksi, tsunami, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Danar Priyantoro

Tags

Terkini

Pengusaha Kritik Mangkraknya Lahan PRPP Jawa Tengah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:55 WIB
X