• Minggu, 28 November 2021

Moeldoko : Kelola Potensi Kemaritiman Jadi Kekuatan Bangsa

- Selasa, 26 Maret 2019 | 13:00 WIB
Strategi.id - KSP: Kelola Potensi Kemaritiman Jadi Kekuatan Bangsa
Strategi.id - KSP: Kelola Potensi Kemaritiman Jadi Kekuatan Bangsa


Strategi.id - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko SIP meminta Aspeksindo membuat sejarah baru memajukan masyarakat pesisir dan kepulauan di seluruh Indonesia. Sehingga potensi kemaritiman Indonesia bisa dikelola dan menjadi kekuatan bangsa.





Hal tersebut ditegaskan dalam acara Pengukuhan Pengurus, Rapat Kerja Nasional I dan Expo Maritim 2019 dengan tema “Satu Laut Sejuta Manfaat”, yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, (22/4/19).





Menurut Panglima TNI masa jabatan 2013-2015 ini, Aspeksindo juga bisa menjadi jembatan untuk mewadahi masyarakat nelayan-pesisir serta lebih bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menggapai kemajuan. “Berdayakan mereka lewat kewirausahaan sosial, hubungkan juga dengan lembaga riset, dan tampung suara mereka agar berbagai kebijakan pemerintah selaras dengan aspirasi mereka,” paparnya.





Baca juga : Moeldoko Ingatkan Hoaks Bisa Bikin Perpecahan




Moeldoko melihat pemerintahan Jokowi-JK memandang laut sangat visioner lewat rencana aksi Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) tahun 2016- 2019. Meliputi lima klaster program prioritas, yaitu (1) Batas Maritim, Ruang Laut, dan Diplomasi Maritim; (2) Industri Maritim dan Konektivitas Laut; (3) Industri Sumber Daya Alam dan Jasa Kelautan serta Pengelolaan Lingkungan Laut; (4) Pertahanan dan Keamanan Laut; dan (5) Budaya Bahari. “Oleh karena itu saya meminta Aspeksindo menyelaraskan programnya dengan lima klaster program prioritas tersebut.”





Sementara itu Ketua Umum Aspeksindo yang juga Bupati Penajam Abdul Gafur berharap muncul program dan kebijkan strategis yang dapat mendukung masyarakat pesisir. “Tujuannya agar pengelolaan wilayah pesisir dan kepulauan yang baik segera terwujud dan berorientasi sepenuhnya bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Bernadetha Tiara

Tags

Terkini

Presiden Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 10:48 WIB
X