• Sabtu, 22 Januari 2022

Ini Alasan MK Perintahkan Pemilu Serentak 2019

- Jumat, 26 April 2019 | 15:00 WIB
Strategi.id - Ini Alasan MK Perintahkan Pemilu Serentak 2019
Strategi.id - Ini Alasan MK Perintahkan Pemilu Serentak 2019


Strategi.id - Pemilu 2019 kali ini dipersoalkan sebagaian pihak karena dilaksanakan berbarengan antara pileg dan pilpres. Namun jauh sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah mempertimbangkan dengan masak-masak.





Berdasarkan putusan Mk yang dikutip detikcom, Kamis (25/4/19), Putusan Pemilu serentak itu diketok pada Kamis, 23 Januari 2014. Putusan itu atas permohonan Effendi Gazali. Berikut pertimbangan Pileg dan Pilpres dilakukan dalam satu hari :





1. Pilpres yang diselenggarakan secara serentak dengan Pemilu Anggota Lembaga Perwakilan juga akan mengurangi pemborosan waktu dan mengurangi konflik atau gesekan horizontal di masyarakat.





2. Hak warga negara untuk memilih secara cerdas pada pemilihan umum serentak ini terkait dengan hak warga negara untuk membangun peta check and balances dari pemerintahan presidensial dengan keyakinannya sendiri. Untuk itu, warga negara dapat mempertimbangkan sendiri mengenai penggunaan pilihan untuk memilih anggota DPR dan DPRD yang berasal dari partai yang sama dengan calon presiden dan wakil presiden. 





Hanya dengan pemilihan umum serentak warga negara dapat menggunakan haknya untuk memilih secara cerdas dan efisien. Dengan demikian pelaksanaan Pilpres dan Pemilihan Anggota Lembaga Perwakilan yang tidak serentak tidak sejalan dengan prinsip konstitusi yang menghendaki adanya efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan hak warga negara untuk memilih secara cerdas ;

Halaman:

Editor: Bernadetha Tiara

Tags

Terkini

Update DPR RI, Anggota Baleg Kritisi RUU KSDDAHE

Jumat, 21 Januari 2022 | 15:15 WIB

Kader Muda Cantik Demokrat Tersandung Korupsi Termuda

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:57 WIB
X