• Kamis, 23 September 2021

BPIP: Ramadhan dan Idul Fitri, Moment Menumbuhkan Rasa Solidaritas dan Persaudaraan

- Jumat, 22 Mei 2020 | 22:00 WIB
IMG-20200522-WA0068
IMG-20200522-WA0068


Strategi.id - Ramadhan mempunyai posisi sangat penting bagi kaum Muslim, dan puncaknya perayaan Hari Kemenangan Idul Fitri. Bagi kaum Kristen dan Katolik, Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk semakin memperkuat hubungan dengan saudara/i kaum Muslim.





Membantu menyediakan takjil, saling menyapa, dan bertemu dalam moment buka puasa bersama, merupakan bentuk dari memperkuat hubungan antara saudara/i Muslim dengan kaum Kristen dan Katolik.





Ramadhan dan Idul Fitri memiliki nilai khusus untuk menumbuhkan persaudaraan antara umat Muslim, Kristen dan Katolik. Salah satunya adalah yang dicontohkan oleh Dewan Kepausan bagi Dialog Antar Umat Beragama, yang menyampaikan doa terbaik dan ucapan
selamat bagi semua saudara/i Muslim.





Bertukar pandangan melalui dialog lintas iman, sehingga terbangun solideritas dan rasa persaudaraan di anatar uman Muslim, Kristen, Katolik dan juga agama-agama lainnya. Tradisi yang juga tidak boleh kita tinggalkan dan lupakan yang telah dilakukan di tahun-tahun lalu dan akan berlanjut di waktu mendatang adalah menjaga rumah ibadah.





Seperti kita ketahui, tempat-tempat ibadah menempati bagian penting dalam Kristianitas dan Islam, dan juga bagi agama-agama lain. Bagi umat Katolik dan umat Muslim, gereja dan masjid adalah ruang yang disediakan untuk berdoa, baik secara pribadi maupun komunitarian.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Terkini

Ganjar: Perlu Langkah Persiapan Yang Bagus sebel PTM

Rabu, 22 September 2021 | 09:40 WIB

Ganjar: Percepat Vaksinasi, Kejar Kekebalan Komunal

Rabu, 22 September 2021 | 09:30 WIB
X