• Selasa, 25 Januari 2022

Hujan Lebat, Jalan Menuju Kawasan Wisata Gunung Bromo Longsor

- Rabu, 17 November 2021 | 16:00 WIB
Kawasan Bromo  (/Pixabay/iqbalnuril/)
Kawasan Bromo (/Pixabay/iqbalnuril/)
STRATEGI.ID - Jalan wisata menuju Gunung Bromo yang melewati wilayah Kabupaten Pasuruan, mengalami longsor Selasa, (16/11/21).
 
Longsor terjadi bersamaan dengan turunnya hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.
 
"Wilayah longsor berada di Desa Balendono, Kecamatan Tosari, Kabupaten pasuruan jalan yang longsor mencapai sepanjang 30 meter, dengan lebar sekitar 3 meter, dan ketinggian mencapai 15 meter, dalam sebuah video yang beredar di media sosial".
 

Aspal di jalan tersebut, juga mulai mengalami retak-retak akibat tergerus air hujan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga memberlakukan buka tutup arus lalu lintas, utamanya untuk pengendara roda dua dan empat.
 
Longsor di jalur menuju wisata ini terjadi setelah di kawasan setempat diguyur hujan sejak Selasa, (16/11/21) siang hingga sore hari.
 
 
Longsor Di Jalan Menuju Kawasan Wisata Gunung Bromo (Screenshot)
 
 
"Derasnya hujan, membuat tebing tergerus air sehingga longsor, " Menurut Kepala Desa Baledono, Mas Prapto.
 
Warga berharap kepada pemerintah daerah maupun provinsi untuk segera mengatasi jalan yang longsor ini, mengingat jalan tersebut menjadi nadi kehidupan warga lereng Gunung Bromo yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.
 
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Haris sudah menerjunkan personel ke lokasi longsor untuk kendaraan roda emapat masih bisa lewat, meski harus bergantian untuk kendaraan besar seperti truk hendaknya tidak lewat dahulu.

Melihat situasi cuaca seperti ini Haris pun meminta pengguna jalan untuk berhati-hati, apalagi daerah di sekitar Bromo memang rawan longsor.***
 

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obelix Hills Destinasi Wisata Terbaru Di Yogyakarta

Senin, 15 November 2021 | 18:30 WIB
X