• Minggu, 19 September 2021

Sekjen Kominfo: Jalin Kolaborasi Multipihak Percepat Transformasi Digital

- Selasa, 14 September 2021 | 16:00 WIB
Sekjen Kominfo:  Jalin Kolaborasi Multipihak Percepat Transformasi Digital (Dok:kominfo)
Sekjen Kominfo: Jalin Kolaborasi Multipihak Percepat Transformasi Digital (Dok:kominfo)

STRATEGI.ID - Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan percepatan hilirisasi teknologi digital untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia. Selain digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga pembentukan sumberdaya manusia utuk mempercepat transformasi digital.

Guna mendorong hilirisasi atau pemanfaatan teknologi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika, sejak beberapa tahun lalu, secara konsisten terus membuat pelatihan-pelatihan berbasis digital kepada masyarakat.

Baca Juga: PT PII Ambil Bagian Penguatan UMKM Melalui Program CSR

"Dalam melaksanakan agenda tersebut, Kementerian Kominfo melakukan kolaborasi multi-pihak dengan menggandeng instansi pemerintah lain, pelaku usaha termasuk platform digital, akademisi, komunitas, dan media atau yang dikenal dengan pentahelix," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Kominfo dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) secara virtual di Jakarta, Selasa (14/09/2021).

Sekjen Kominfo menyatakan berkolaborasi dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk melakukan beberapa agenda terkait percepatan transformasi digital. "Di antaranya adalah edukasi dan pelatihan untuk UMKM dan masyarakat umum, sebagaimana arahan Bapak Presiden, dimana digitalisasi UMKM menjadi agenda prioritas," ujarnya.

Baca Juga: Saat Ini Pengetahuan Digital Harus Dikuasai Pelaku UMKM

Beberapa program Kementerian Kominfo terkait pelatihan berbasis digital adalah (1) Program 1000 Startup Digital yang bertujuan mendorong pengembangan ekosistem digital nasional; (2) Program yang mendorong peningkatan produktivitas sektor-sektor ekonomi dengan adopsi teknologi digital, seperti UMKM Go Online yang bertujuan untuk mendorong UMKM dalam negeri bermigrasi ke platform digital, dan (3) Program Petani Nelayan Go Online yang bertujuan meningkatkan kapasitas petani dan nelayan dalam memperluas pasar dan mengelola hasil produksi.

"Kami harapkan penandatanganan nota kesepahaman yang akan dilakukan pada hari ini, berkontribusi signifikan terhadap proses digitalisasi UMKM di Indonesia dan pembentukan SDM digital yang mampu resilient dan inovatif," ungkap Sekjen Kominfo.

Baca Juga: Meriahkan Peringatan Kemerdekaan Lewat Platform Digital

Tiga Sektor

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasaki luncurkan Z900 SE , Mewahnya berasa banget!

Minggu, 19 September 2021 | 06:00 WIB

Apple Resmi Luncurkan iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Jumat, 17 September 2021 | 17:20 WIB

Honda Indonesia Daftarkan Hak Paten Honda E

Kamis, 16 September 2021 | 15:00 WIB

F1: Valteri Bottas Start Dari P1 Untuk Sprint Race

Selasa, 14 September 2021 | 21:50 WIB
X