• Minggu, 19 September 2021

Menkominfo: Pemerintah Galang Sinergitas 3 Bidang Maksimalkan Manfaat 5G

- Rabu, 15 September 2021 | 18:20 WIB
Menkominfo: Pemerintah Galang Sinergitas 3 Bidang Maksimalkan Manfaat 5G (Dok:Kominfo)
Menkominfo: Pemerintah Galang Sinergitas 3 Bidang Maksimalkan Manfaat 5G (Dok:Kominfo)

STRATEGI.ID - Sejak Maret 2021, sebanyak 157 operator telekomunikasi seluler telah meluncurkan operasi komersial layanan 5G di 62 negara termasuk 10 diantaranya berada di kawasan Asia Pasifik. Di kawasan ASEAN, komersialisasi 5G telah berlangsung di Singapura, Thailand, dan Filipina, dengan tingkat konektivitas 5G berkisar antara 0,07 hingga 2,28 persen dari total koneksi.

Kementerian Komuniaksi dan Informatika (Kominfo) menyatakan guna memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia, Pemerintah menggalang sinergitas antarmitra lintas sektoral di bidang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), pengembangan aplikasi dan talenta digital.

Baca Juga: Telkomsel dan Mitratel Tambahkan Pengalihan Kepemilikan 4000 Unit Menara

“Untuk memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia, ada 3 bidang yang antara lain membutuhkan sinergi lebih lanjut antar mitra lintas sektoral yaitu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), pengembangan aplikasi dan talenta digital,” papar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, saat menyampaikan Keynote Speech dalam Tech Conference 2021 CNBC Indonesia “Future of 5G, Global Connectivity, Cloud Computing & Internet of Things” di Jakarta, Rabu (15/09/2021).

Untuk penerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Menkominfo menilai sangat penting untuk memastikan perangkat 5G yang diproduksi di Indonesia dengan TKDN minimal 30%.

Baca Juga: Tiga Operator Buka Layanan 5G Pemerintah Siapkan TKDN 5G

“Dalam pengembangan aplikasi, pengembang aplikasi lokal perlu dibina melalui ketersediaan ekosistem pengembangan aplikasi berbasis komunitas yang menjamin daya saing dengan aplikasi global, mengingat era 4G telah menghasilkan banyak aplikasi unicorn di Indonesia,” jelas Menkominfo.

Mengenai talenta digital, Menkominfo menyatakan operasional 5G juga membutuhkan keterampilan yang lebih maju. “Oleh karena itu lebih banyak kursus terkait 5G tentang RAN terbuka, integrator sistem, komputasi canggih, jaringan, dan lainnya,” tuturnya.

Baca Juga: OnePlus 7 Menjadi Smartphone 5G Pertama di Dunia

Menkominfo menyatakan Pertumbuhan jaringan 5G sebagai game changer dengan dampak luas terhadap konektivitas akan terus meningkat, membawa banyak manfaat ekonomi bagi Indonesia dan kawasan. Teknologi digital seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan, big data, virtual reality, dan lainnya telah dimanfaatkan secara luas oleh para pemangku kepentingan baik dari sektor publik maupun swasta di Indonesia.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasaki luncurkan Z900 SE , Mewahnya berasa banget!

Minggu, 19 September 2021 | 06:00 WIB

Apple Resmi Luncurkan iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Jumat, 17 September 2021 | 17:20 WIB

Honda Indonesia Daftarkan Hak Paten Honda E

Kamis, 16 September 2021 | 15:00 WIB

F1: Valteri Bottas Start Dari P1 Untuk Sprint Race

Selasa, 14 September 2021 | 21:50 WIB
X