• Minggu, 19 September 2021

Dirjen SDPPI: Tingkatkan Inovasi Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio

- Rabu, 15 September 2021 | 18:40 WIB
Dirjen SDPPI: Tingkatkan Inovasi Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio (Dok:Kominfo)
Dirjen SDPPI: Tingkatkan Inovasi Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio (Dok:Kominfo)

STRATEGI.ID - Ketersediaan infrastruktur dan manajemen spektrum frekuensi radio jadi elemen penting transformasi digital di Indonesia. Untuk mendukung akselerasi transformasi digital dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dalam pengelolaan spektrum frekuensi radio,

“Untuk kita melakukan proses transformasi digital ini, ketersediaan infrastruktur dan spektrum frekuensi radio adalah merupakan tulang punggung, suatu faktor atau elemen yang luar biasa pentingnya,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (SDPPI), Ismail dalam Creative Sharing dan Awarding Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFaS-Fest) 2021, di Kantor Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (15/09/2021).

Baca Juga: Kementerian Kominfo Akan Lakukan Refarming Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz di 9 Klaster

Sebagai institusi yang memiliki peran dan tanggung jawab besar, Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo telah melewati rangkaian proses yang panjang hingga memasuki era transformasi digital saat ini. 

“Jadi sudah lama sekali, panjang usianya untuk melakukan pengelolaan manajemen spektrum frekuensi radio. Ini adalah suatu rangkaian proses yang panjang yang luar biasa dan kita sampai pada masa yang kita sebut dengan era transformasi digital,” ungkap Direjen SDPPI.

Baca Juga: Kominfo Cabut Ijin Frekuensi Grup Lippo Karena Nunggak 708 Milyar

Dirjen SDPPI mencontohkan lembaga frekuensi dunia, yakni International Telecommunication Union (ITU) yang menaungi pengelolaan spektrum frekuensi radio itu didirikan tahun 1865. Sedangkan di Indonesia memiliki lembaga frekuensi yang berdiri sejak tahun 1945.

“Mengapa kita harus melakukan tranformasi digital? karena Indonesia harus survive, harus mampu menjalankan fungsi-fungsi seluruh kehidupan di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini,” tegas Dirjen SDPPI

Baca Juga: Penghentian Siaran Televisi Analog Paling Telat 2 November 2022

Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo menilai penyelenggaraan IFaS Fest yang berlangsung selama empat tahun berturut-turut menjadi wahana pengembangan inovasi dan kreatifitas pegawai. 

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasaki luncurkan Z900 SE , Mewahnya berasa banget!

Minggu, 19 September 2021 | 06:00 WIB

Apple Resmi Luncurkan iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Jumat, 17 September 2021 | 17:20 WIB

Honda Indonesia Daftarkan Hak Paten Honda E

Kamis, 16 September 2021 | 15:00 WIB

F1: Valteri Bottas Start Dari P1 Untuk Sprint Race

Selasa, 14 September 2021 | 21:50 WIB
X