• Rabu, 20 Oktober 2021

Riset: Pandemi, Jumlah Perempuan Pegiat UMKM Lebih Tinggi Dibanding Laki-laki

- Kamis, 16 September 2021 | 11:35 WIB
Riset: Pandemi, Jumlah Perempuan Pegiat UMKM Lebih Tinggi Dibanding Laki-laki (Strategi.id)
Riset: Pandemi, Jumlah Perempuan Pegiat UMKM Lebih Tinggi Dibanding Laki-laki (Strategi.id)

STRATEGI.ID - Pandemi justru menjadi momentum untuk memulai usaha daring. Data Tokopedia menunjukkan ada penambahan jumlah penjual di platformnya selama pandemi sebesar 3,7 juta dari 7,3 juta (Februari 2020, sebelum pandemi) menjadi lebih dari 11 juta (Juni 2021).

“Riset LPEM FEB UI 2020 di sisi lain mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah, dalam siaran persnya, Rabu (15/9/21).

Baca Juga: Tokopedia Berkolaborasi Dengan Penggiat UMKM Lokal Kampanye Muslim Fash Forward

Di kategori Makanan dan Minuman, Prima Hayuningputri dan Anika Miranti adalah contoh perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis di tengah pandemi lewat Tokopedia. Usaha mereka Mad Bagel mengalami peningkatan penjualan hampir 4x lipat berkat mengikuti Tokopedia Nyam.

Dakara Indonesia, VIVIZUBEDI, Ederra Indonesia, NRHxNabilia merupakan contoh lain bisnis yang juga didirikan perempuan-perempuan pegiat UMKM lokal penggerak kategori Fesyen di Tokopedia. Mereka mengaku merasakan dampak dari pemanfaatan platform digital Tokopedia, salah satunya dengan mengikuti kampanye, seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Muslim Fash Forward.

Baca Juga: Tokopedia Konsisten Perkuat Inisiatif Hyperlocal

Dakara Indonesia mengalami kenaikan transaksi lebih dari 2x lipat setelah mengikuti kampanye Hari BBI 2021. Sementara omzet VIVIZUBEDI meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia.

Jumlah transaksi Ederra Indonesia bertumbuh 9x lipat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama pada dua tahun lalu. Di sisi lain, penjualan NRHxNabilia meningkat 10x lipat.

Baca Juga: Saat Ini Pengetahuan Digital Harus Dikuasai Pelaku UMKM

Tokopedia juga konsisten membantu sebanyak-banyaknya perempuan pegiat UMKM lokal lainnya melalui berbagai panggung digital yang sebelumnya merupakan kegiatan offline, seperti Market & Museum at Home, OH! Beauty Festival, Semasa di Tokopedia dan masih banyak lainnya.

Halaman:

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Honda ON Tawarkan Pembelian Mobil Secara Online

Senin, 11 Oktober 2021 | 22:30 WIB

Lazada Ciptakan Pahlawan Ekonomi Digital Indonesia

Rabu, 6 Oktober 2021 | 23:00 WIB

Mau Cek Hoaks di Whatsapp , Gunakan Fitur Ini

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:45 WIB
X