• Rabu, 20 Oktober 2021

Menkominfo: Mari Berkolaborasi Menjaga Hak Pengguna Demi Keamanan Digital

- Jumat, 17 September 2021 | 20:00 WIB
Menkominfo: Mari Berkolaborasi Menjaga Hak Pengguna Demi Keamanan Digital (Dok:kominfo)
Menkominfo: Mari Berkolaborasi Menjaga Hak Pengguna Demi Keamanan Digital (Dok:kominfo)

STRATEGI.ID - Negara-negara di dunia memiliki perhatian penuh untuk melawan konten berbahaya berupa misinformasi, konten ekstremis, kekerasan dan teroris, serta eksploitasi anak-anak secara online. Pemerintah Republik Indonesia menekankan agar semua pihak meningkatkan kolaborasi untuk melindungi pengguna internet dari konten dan interaksi yang berbahaya.

“Pemerintah Indonesia menekankan agar seluruh pengguna internet  memiliki hak untuk terbebas dari konten dan interaksi online yang berbahaya.  Sehingga, kami mengajak seluruh pihak untuk ikut berpartisipasi aktif dan menjadikan internet lebih aman, nyaman, dan bermanfaat,” ungkapnya dalam World Economic Forum (WEF) Global Coalition on Digital Safety Inaugural Meeting 2021 yang berlangsung virtual dari Jakarta, Kamis (16/09/2021) malam.

Baca Juga: Sekjen Kominfo: Jalin Kolaborasi Multipihak Percepat Transformasi Digital

Oleh karena itu, Johnny G. Plate  mengajak semua pihak untuk meningkatkan kolaborasi untuk menjaga hak seluruh pengguna internet memiliki hak untuk terbebas dari konten dan interaksi online yang berbahaya. 

“Izinkan saya mengajak semua negara anggota dan tamu dari koalisi ini untuk berkolaborasi secara erat untuk mengatasi dan memerangi pelecehan, eksploitasi anak secara online, pornografi anak, konten kekerasan, radikalisme, terorisme, serta infodemi terkait Covid-19 dan vaksinnya,” tegas Johnny G. Plate.

Baca Juga: Percepat Penanggulangan Karhutla, Kapolri Launching ASAP Digital Nasional

Johnny G. Plate menegaskan keamanan digital sama pentingnya dengan keamanan siber dan harus ditangani dengan tepat oleh semua pihak termasuk pemerintah. 

“Hal ini bertujuan untuk melindungi keamanan dan membangun kepercayaan dalam interaksi online diantara warganet, khususnya untuk anak-anak dan remaja,” ujar Johnny G. Plate

Baca Juga: Farhan: RUU Perlindungan Data Pribadi Mendesak Disahkan

Johnny G. Plate menyatakan anak-anak dan remaja seringkali menjadi sasaran predasi konten-konten negatif di ruang digital. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya keamanan digital yang komprehensif dalam menangani kondisi itu. 

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Honda ON Tawarkan Pembelian Mobil Secara Online

Senin, 11 Oktober 2021 | 22:30 WIB

Lazada Ciptakan Pahlawan Ekonomi Digital Indonesia

Rabu, 6 Oktober 2021 | 23:00 WIB

Mau Cek Hoaks di Whatsapp , Gunakan Fitur Ini

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:45 WIB
X