• Rabu, 20 Oktober 2021

Pemerintah Ciptakan Lingkungan Digital yang Aman Guna Lindungi Warganet

- Jumat, 17 September 2021 | 21:00 WIB
Ilustrasi- Lingkungan digital yang aman (fancycrave1 / pixelbay.com)
Ilustrasi- Lingkungan digital yang aman (fancycrave1 / pixelbay.com)

STRATEGI.ID - Negara-negara di dunia memiliki perhatian penuh untuk melawan konten berbahaya berupa misinformasi, konten ekstremis, kekerasan dan teroris, serta eksploitasi anak-anak secara online. Pemerintah Republik Indonesia menekankan agar semua pihak meningkatkan kolaborasi untuk melindungi pengguna internet dari konten dan interaksi yang berbahaya.

Sebagai pembuat kebijakan Pemerintah memiliki tugas untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan melindungi warganet dari konten online yang berbahaya dan negatif.

Baca Juga: Menkominfo: Mari Berkolaborasi Menjaga Hak Pengguna Demi Keamanan Digital

“Kami telah mengembangkan definisi standar tentang keamanan digital dan sudah menetapkan standar perilaku yang sesuai untuk memastikan keamanan digital dan terus membagikan praktik terbaik, pendekatan, kerangka peraturan Indonesia yang bertujuan untuk memastikan keamanan digital,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, dalam siaran persnya, Jumat (17/9/21). 

Menkominfo menyatakan Pemerintah Indonesia meyakini pendekatan kolaboratif yang diselaraskan dengan peran pemangku kepentingan.

Baca Juga: Sekjen Kominfo: Jalin Kolaborasi Multipihak Percepat Transformasi Digital

“Hal tersebut akan menciptakan perubahan perilaku yang berkelanjutan dalam penanganan konten negatif oleh pengguna internet untuk mencapai keamanan dan pelindungan digital,” tegas Menkominfo

Menurut Menkominfo, Pemerintah Indonesia mempunyai laman resmi aduankonten.id untuk memfasilitasi masyarakat agar mendapatkan hak untuk menyampaikan pengaduan konten negatif dengan cara mendaftarkan diri, mengunggah tautan (link) yang dilengkapi dengan bukti. 

Baca Juga: Kominfo Alihkan Kanal Aduan Telepon/SMS Spam Ke @aduanPPI

“Situs atau konten yang dilaporkan harus disertai alasan, dan masyarakat tentu bisa memantau proses penanganan yang dilakuan oleh Tim Aduan Konten,” sebut Menkominfo.

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Honda ON Tawarkan Pembelian Mobil Secara Online

Senin, 11 Oktober 2021 | 22:30 WIB

Lazada Ciptakan Pahlawan Ekonomi Digital Indonesia

Rabu, 6 Oktober 2021 | 23:00 WIB

Mau Cek Hoaks di Whatsapp , Gunakan Fitur Ini

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:45 WIB
X