• Kamis, 11 Agustus 2022

Hati-hati Muncul Kejahatan Siber di Festival Harbolnas 11.11

- Kamis, 4 November 2021 | 15:30 WIB
Hati-hati Muncul Kejahatan Siber di Festival Harbolnas 11.11 (freepik.com)
Hati-hati Muncul Kejahatan Siber di Festival Harbolnas 11.11 (freepik.com)
STRATEGI.ID - Pada momentum hari Belanja Online Nasional (Harbolnas 11.11), yang digelar setiap tanggal 10 November akan muncul beberapa bentuk kejahatan Siber untuk meretas moment festival belanja nasional. 
 
Associate VP information Security Blibli Ricky Setiadi menuturkan akan ada berbagai jenis serangan yang dilakukan oleh para peretas ketika moment festival e-commerce belanja nasional 11.11 berlangsung.
 
 
"Yang paling banyak diserang itu adalah social enggenering, kejahatan ini dilakukan melalui phishing email, SMS ataupun Wasstap," ucapnya saat diskusi Bulan inklusi keuangan 2021 secara virtual, Senin, (01/11/21).
 
Beliau juga menerangkan phishing ini nantinya akan mengarahkan konsumen ke suatu website yang dibuat mirip seperti platform lainnya.
 
 
 
"Misalnya Blibli nanti websitenya itu dibuat mirip banget seperti Blibli atau DANA, itu kan mirip. Itu dikasih ke pengguna untuk di klik yang nantinya akan membuat pengguna rugi," ujarnya.
 
Dan berbagai serangan seperti pengambilalihan akun atau take over akun, yang membuat pengguna platform e-commerce tidak bisa mengikuti festival belanja tersebut.
 
 
Begitu pula dengan kejahatan cyber bot herder, yang skemanya dikendalikan oleh satu orang yang menjalankan beberapa robot untuk melakukan tindakan kejahatan. Ricky juga mengatakan ada kejahatan memakai bot herder untuk memonopoli pemesanan sehingga membuat konsumen tidak mendapatkan jatah kuotanya sehingga berdampak pada reputasi dari perusahaan yang menyediakan promo tersebut.
 
Hal tersebut juga disampaikan oleh VP of information Security DANA Andri Purnomo.***

Editor: Bernadetha Inggar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X