• Minggu, 23 Januari 2022

Ini Perempuan Pertama China Lakukan ‘Spacewalk’ Selama 6 Jam Lebih

- Selasa, 9 November 2021 | 05:28 WIB
Astronot Wanita  pertama asal China, Wang Yaping (Dok.ist)
Astronot Wanita pertama asal China, Wang Yaping (Dok.ist)

STRATEGI.ID - Wang Yaping menjadi perempuan China pertama yang melakukan spacewalk (kegiatan di luar stasiun antariksa). Ini merupakan bagian dari misi enam bulannya di stasiun antariksa negara tersebut.

Wang dan rekan astronautnya, Zhai Zhigang meninggalkan modul utama stasiun antariksa itu pada Minggu malam, menghabiskan waktu lebih dari enam jam untuk spacewalk memasang peralatan dan melakukan tes di samping lengan robot stasiun itu, kata Badan Antariksa Berawak China (CMS).

Baca Juga: Wisata Petualangan Kelas Dunia Bakal Dibangun di Kawasan PLTB Sukabumi

Awak ketiga, Ye Guangfu, membantu dari dalam stasiun itu termasuk persiapan spacewalk, kata CMS dalam situs webnya.

Pelajar China melambaikan bunga dan bendera nasional saat astronot perempuan Wang Yaping meninggalkan pusat peluncuran satelit Jiuquan menuju lokasi peluncuran, dekat Jiuquan, China barat, Selasa, 11 Juni 2013.

Baca Juga: Nagita Slavina Melahirkan Dua Minggu lagi, ini nama yang Diusulkan Andre Taulany

Wang, 41, dan Zhai, 55, telah pernah melakukan perjalanan ke stasiun-stasiun antariksa eksperimental yang kini telah dipensiunkan, dan Zhai melakukan spacewalk pertama untuk China 13 tahun silam.

seperti yang dilansir VOA Ketiga awak ini adalah tim kedua di stasiun permanen tersebut, dan misi yang dimulai dengan kedatangan mereka pada 16 Oktober lalu dijadwalkan menjadi periode terlama bagi keberadaan astronaut China di antariksa.

Baca Juga: Cara Mencairkan Uang Dari Paypal Ke Akun Rekening Bank

Modul Tianhe akan dihubungkan dengan dua modul lainnya, Mengtian dan Wentian, tahun depan. Keseluruhan stasiun antariksa itu akan berbobot sekitar 66 ton, jauh lebih ringan daripada Stasiun Antariksa Internasional (ISS), yang meluncurkan modul pertamanya pada tahun 1998 dan berbobot sekitar 450 ton.

Halaman:

Editor: Antonius Danar

Sumber: https://www.voaindonesia.com/

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap Siap Hype Metaverse, Pahami Istilahnya Di Sini

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:00 WIB
X