• Jumat, 20 Mei 2022

Tiga Kapal Selam Buatan DSME, Resmi dibeli Indonesia

- Rabu, 19 Januari 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi Kapal Selam DSME (Instagram @Info_Surabaya)
Ilustrasi Kapal Selam DSME (Instagram @Info_Surabaya)

STRATEGI.ID - Indonesia adalah negara kepulauan Maritim. Inovasi di bidang pertahanan negara menjadi suatu kewajiban, oleh karena itu pembelian kapal selam wajib hukumnya bagi negara Maritim.

Baru-baru ini negara Indonesia membeli tiga  Kapal Selam dari DSME. Ini membuat pertahanan Indonesia khususnya di bidang laut diperkuat dengan teknologi improved Changbogo class.

Perlu diketahui Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) adalah salah satu dari tiga produsen kapal terbesar di Korea Selatan (selain Hyundai dan Samsung). Ini merupakan pertama kalinya DSME mengeskpor kapal selam ke Indonesia.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia, Pelatih Persija Makin Terpojok Dibalik Menukiknya Peforma Macan Kemayoran

Pertahanan Indonesia di bidang kelautan sendiri memang membutuhkan kapal selam baru hingga hari ini, Karena dua Cakra class dimana KRI Nanggala On Eternal Patrol tak mungkin terus-terusan dipakai lantaran sudah tua.

Changbogo yang rancang bangunnya sama dengan KRI Cakra karena berdasar U-209 kemudian dipilih Indonesia seperti yang ditulus Tulisan ini sudah tayang zonaJakarta dengan judul : DSME Ogah Terima Karet Mentah Indonesia untuk Ditukar dengan Kapal Selam Changbogo Class

Dalam kontrak DSME wajib melakukan alih teknologi ke Indonesia berupa kapal selam hingga galangan pembuatannya.

Namun ada hasil dirasa kurang memuaskan saat Changbogo pertama Indonesia yakni KRI Nagapasa hendak dikirim malah terjadi gangguan pada baterainya.

Baca Juga: Sudah Menjadi Keharusan Kapal Indonesia Maupun Kapal Internasional Harus Tunduk dan Patuh Konvensi MLC

Halaman:

Editor: Ronald Loblobly

Sumber: Zona Jakarta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Cek Saldo Flazz via BCA Mobile dengan NFC

Kamis, 3 Maret 2022 | 09:05 WIB
X