• Minggu, 26 September 2021

Kominfo Kebut Program LDN Imbangi Pemerataan Konektivitas Digital

- Jumat, 30 Juli 2021 | 16:00 WIB
IMG-20210730-WA0026
IMG-20210730-WA0026

Strategi.id - Pembangunan konektivitas digital menjadi fokus pemerintah untuk menghubungkan seluruh pelosok nusantara. Presiden Joko Widodo menyatakan konektivitas digital perlu diiringi dengan upaya menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi dan pola pikir dengan masa depan baru menuju Indonesia Maju. Guna merealisasikan masyarakat digital yang berdaya dan bertalenta, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan Program Literasi Digital Nasional (LDN) sejalan dengan percepatan transformasi digital nasional.

Program Literasi Digital Nasional diluncurkan pada 20 Mei 2021 oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Kepala Negara, program itu diharapkan dapat meningkatkan kecakapan digital masyarakat serta produktivitas masyarakat dalam menggunakan internet agar bisa memberi nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat. Program Literasi Digital Nasional didukung 110 lembaga dan berbagai komunitas melalui berbagai inisiatif dan kerja konkret agar masyarakat makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.

“Seiring dengan pemerataan pembangunan infrastruktur digital di seluruh penjuru nusantara, diperlukan penguatan keterampilan digital masyarakat untuk navigasi serta pemanfaatan teknologi dan ruang digital yang positif dan optimal,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan di Jakarta, Kamis (29/07/21).

Sejak diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2021 lalu, saat ini Program Literasi Digital Nasional ini telah menjangkau 3.284.608 peserta yang ada di 34 provinsi serta 454 kabupaten dan kota.

“Sudah ada 5.055 kegiatan yang telah berlangsung secara daring. Secara lebih spesifik, capaian-capaian tersebut dapat diakses oleh publik melalui dashboard.literasidigital.id,” ungkap Semuel.

Semuel menambahkan, setiap tahunnya Program Literasi Digital Nasional akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi. “Dengan demikian, diharapkan setidaknya terdapat 50 juta masyarakat Indonesia yang akan terliterasi digital sampai tahun 2024 mendatang,” harapnya.

Semuel menyatakan, Kementerian Kominfo berupaya menguatkan keterampilan dasar bidang digital lewat Program LDN. Bahkan, bekerja sama dengan komunitas literasi digital dan akademisi telah dirancang llebih dari 20.000 kegiatan pelatihan daring yang gratis untuk seluruh masyarakat. “Kegiatan-kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum ini dapat diakses melalui event.literasidigital.id,” ujarnya.

Menurut Semuel, setiap pelatihan yang dilaksanakan mengacu pada modul dan panduan kurikulum yang didasarkan pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kemampuan Berdigital, Budaya Digital, Etika Berdigital dan Keamanan Berdigital.

“Kami juga akan terus dikembangkan secara berkala dengan mengikuti perkembangan dunia digital. Keberadaan kegiatan-kegiatan yang gratis dan terbuka luas tersebut diharapkan dapat merealisasikan dan terwujudnya pemanfaatan teknologi secara produktif, aman, beretika, serta berbudaya oleh masyarakat,” jelasnya.

Selain webinar dan kelas daring, Program Literasi Digital Nasional juga menyediakan beragam materi dan bacaan yang dapat diakses oleh publik melalui laman literasidigital.id. Bahkan, materi literasi digital tersebut juga dapat diakses melalui aplikasi Siberkreasi yang tersedia di Playstore maupun Appstore.

“Melalui kemudahan akses terhadap materi-materi serta kegiatan-kegiatan literasi digital ini, diharapkan masyarakat luas dapat memanfaatkannya untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya terkait literasi digital. Dengan adopsi teknologi baru dan literasi digital, kami percaya bahwa transformasi digital dapat mendorong kreativitas dan inovasi baru di berbagai sektor,” tandas Semuel.

Editor: Bobby San

Tags

Terkini

Perkenalkan Toyota GR Yaris , Bukan Sembarang Yaris!

Kamis, 23 September 2021 | 19:30 WIB

Kenali Lebih Dekat Nissan Micra Proto Berplat Polandia

Selasa, 21 September 2021 | 09:00 WIB

2022 KTM RC 390, Lebih Ganteng Dari Sebelumnya

Senin, 20 September 2021 | 19:00 WIB

Tarmac Rally Zone Berhasil Melepas Penat Para Pembalap

Senin, 20 September 2021 | 11:00 WIB

18 Tahun MIP Lakukan Rebranding Untuk Memperkuat Pasar

Minggu, 19 September 2021 | 16:30 WIB

Kawasaki luncurkan Z900 SE , Mewahnya berasa banget!

Minggu, 19 September 2021 | 06:00 WIB
X