• Sabtu, 22 Januari 2022

Menkominfo Bahas Potensi Kolaborasi dalam Presidensi G20 2022 Saat Betemu Argentina

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 23:00 WIB
IMG-20210806-WA0075
IMG-20210806-WA0075

Strategi.id - Menteri Komunikasi dan Informatika menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur digital sebagai prasyarat transformasi digital yang inklusif dalam Pertemuan Bilateral Menkominfo dengan Sekretaris Negara untuk Inovasi Publik Argentina, Micaela Sánchez Malcolm, di sela Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital.

“Argentina mengapresiasi upaya Indonesia untuk menyediakan konektivitas digital yang inklusif ke seluruh wilayah tanah air, termasuk wilayah terluar dan terpencil. Kami sampaikan bahwa saat ini Indonesia mengupayakan pembangunan infrastruktur secara masif untuk memastikan tidak ada satu orang pun yang tertinggal,” ungkap Menteri Kominfo Johnny G. Plate di Jakarta secara virtual, melalui siaran persnya, Kamis (05/08/21) malam.

Dalam pertemuan itu, Menkominfo membuka diskusi untuk bertukar pandangan dan praktik baik kedua negara dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai solusi berbagai permasalahan, termasuk dalam hal penanganan pandemi Covid-19 dan pemberdayaan UMKM/UMi untuk mengakses pasar digital.

“Kami berdiskusi banyak seputar pemanfaatan blockchain dan identitas digital dalam penanganan Covid-19, termasuk kaitannya dengan penerbitan sertifikat vaksin digital. Pemerintah Indonesia sendiri sudah memaksimalkan pemanfaatan teknologi tersebut melalui aplikasi PeduliLindungi yang juga mendukung upaya tracing dan tracking penyebaran kasus Covid-19,” jelasnya.

Bersama Micaela Sánchez Malcolm, Menteri Johnny membahas potensi kolaborasi lebih lanjut antara Argentina dan Indonesia mengenai tiga poin prioritas yang akan diusung dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

“Kami memaparkan prioritas Presidensi 2022, antara lain: (i) pemulihan pasca COVID-19 dan konektivitas; (ii) literasi dan keterampilan digital; dan (iii) arus data lintas negara,” jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Argentina mengapresiasi Menkominfo karena telah mendorong kebijakan-kebijakan yang berfokus pada pembangunan manusia untuk mengentaskan kesenjangan digital dalam agenda Presidensi Indonesia yang akan datang.

“Kami berdiskusi banyak terkait dengan rencana rencana di bidang digital di Argentina dan pengalaman-pengalaman Argentina sebagai Presidensi G20. Argentina merupakan salah satu negara yang sedari awal mendukung Indonesia dalam mendorong peningkatan status Gugus Tugas Ekonomi Digital G20 (Digital Economy Task Force) menjadi Kelompok Kerja Ekonomi Digital (Digital Economy Working Group),” papar Johnny.

Bahkan Menkominfo menjelaskan, Argentina juga akan mendukung Presidensi Indonesia dalam G20 2022. Terutama mengenai tiga prioritas yang akan dibahas secara lebih rinci pada pertemuan Kelompok Kerja Ekonomi Digital yang pertama di Indonesia tahun depan.

“Argentina sebelumnya telah menjabat Presidensi G20 pada tahun 2018. Ke depannya, Argentina menyatakan dukungannya bagi Presidensi Indonesia khususnya dalam pembahasan isu: (1) penguatan UMKM/UMi digital, (2) pemerataan konektivitas di daerah rural dan terpencil, serta (3) peningkatan literasi dan kemampuan digital,” jelas Johnny.

Menteri Johnny mengundang Delegasi Argentina untuk hadir secara fisik dalam Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital tahun 2022.

“Tahun depan, saya mengundang Pemerintah Argentina untuk hadir secara fisik di Indonesia, melihat khususnya pulau yang sangat terkenal dengan keindahannya, Bali, dan mengunjungi Pulau Komodo, di mana masih ada dinosaurus modern hidup di sana,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Argentina menyampaikan dukungan penuh terhadap peningkatan status Gugus Kerja Ekonomi Digital G20 menjadi Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 yang sejak awal menjadi agenda prioritas yang didorong oleh Indonesia. Dengan tercapainya agenda tersebut, Indonesia akan menjadi negara pertama yang memimpin Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20.

Editor: Bobby San

Tags

Terkini

Siap Siap Hype Metaverse, Pahami Istilahnya Di Sini

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:00 WIB
X