• Minggu, 28 November 2021

Mengenal Bung Tomo Terkait Peristiwa 10 November

- Selasa, 13 November 2018 | 12:00 WIB
bung-tomo
bung-tomo

STRATEGI.ID - Siapa ya tak kenal dengan sosok Bung Tomo apalagi anda tinggal atau berasal dari Surabaya. Bung Tomo memiliki nama asli Sutomo lahir di Kampung Blauran di pusat kota Surabaya. Ayahnya bernama Kartawan Tjiptowidjojo merupakan seorang kepala keluarga dari kelas menengah.

Bung Tomo pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan sebagai staf pribadi di perusahaan swasta sebagai asisten di Kantor pajak pemerintah dan pegawai kecil di perusahan ekspor-impor Belanda.

Lalu apa peran Bung Tomo? Seperti yang kita ketahui Masyarakat indonesia memperingati hari pahlawan pada sepuluh november, yang didasarkan pada peperangan besar di Surabaya antara Indonesia melawan tentara NICA yang mendompleng sekutu.

Baca Juga: Pakar Hukum Sarankan Kejagung Gandeng KPK Periksa Mitra Terdakwa Asabri

Peperangan yang bermula dari insiden pengibaran bendera belanda di hotel Yamato ini berkembang menjadi peperangan yang menumpahkan banyak darah dan merupakan peperangan paling besar yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan.

Indonesia yang saat itu sudah merdeka dilecehkan oleh tentara sekutu yang ternyata membawa pasukan belanda untuk merebut kembali indonesia dengan alasan melucuti tentara jepang dan membebaskan tawanan perang, biografi bung Tomo akan menceritakan sejarah berdarah tersebut.

Baca Juga: Polri dan KSPSI Bagikan Ribuan Sembako kepada Buruh, Kapolri Beri Ucapan Terima kasih dan Apresiasi

Bung Tomo yang memiliki nama lengkap Soetomo adalah laki-laki kelahiran Surabaya pada tanggal 02 Oktober 1920, merupakan putra dari Kartawan Tjiptowidjojo terlahir dari keluarga kelas menengah setengah priyayi, bung Tomo juga menempuh pendidikan yang hampir setara dengan anak-anak kompeni saat itu, padahal waktu itu sangat sulit mendapatkan akses pendidikan bagi warga pribumi, bung Tomo muda juga aktif mengikuti berbagai macam organisasi.

Salah satunya adalah organisasi kepanduan bangsa indonesia yang juga merupakan organisasi cikal bakal pramuka di indonesia, bung Tomo sendiri mengatakan bahwa selama bergabung dengan organisasi ini banyak sekali hal yang ia pelajari sebagai landasannya memperjuangkan negara indonesia, mengetahui biografi bung Tomo merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda indonesia.

Halaman:

Editor: Donny Eka Putra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Cinta Bung Karno Dengan Bunga-bunga Revolusi

Rabu, 10 November 2021 | 18:25 WIB

Perjuangan Heroik Moestopo Menjadi Pahlawan Nasional

Rabu, 10 November 2021 | 16:00 WIB

Tokoh Resolusi Jihad, Sang Ulama Pemikir - Pejuang

Rabu, 10 November 2021 | 15:05 WIB

Sejarah Pahlawan Revolusi Nasional Jenderal Soedirman

Rabu, 10 November 2021 | 11:10 WIB

Profil Ismail Marzuki Yang Tampil di Google Doodle

Rabu, 10 November 2021 | 09:00 WIB

Roehana Koeddos, Sosok Wanita Di Google Doodle

Selasa, 9 November 2021 | 18:45 WIB

Jejak Perjuangan Sang Karismatik Jenderal Sudirman

Kamis, 4 November 2021 | 12:00 WIB
X