• Rabu, 27 Oktober 2021

Mantan Kapolsek Tanah Abang, Suyudi Ario Seto Pecah Bintang Jadi Brigjen

- Jumat, 4 Desember 2020 | 14:30 WIB
IMG-20210226-WA0009
IMG-20210226-WA0009

STRATEGI.ID - Suyudi Ario Seto reserse pengungkap teror air keras pecah bintang menjadi brigjen pol alias bintang satu. Suyudi menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi bersama 45 perwira lainnya.

Kenaikan pangkat tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/ /XII/KEP./2020 tertanggal 3 Desember 2020 tentang Kenaikan Pangkat ke dan dalam Golongan Pati Polri. Telegram ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Dari 46 perwira yang naik pangkat, 16 di antaranya menjadi jenderal bintang dua. Mereka antara lain Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Selain itu, Irjen Pol Faizal Thayeb, Pati Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN).

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit : Lokasi Pusat Aktivitas Warga Dipasangi Aplikasi PeduliLindungi

Di jajaran kombes yang naik pangkat menjadi brigjen atau lazim dikenal dengan istilah pecah bintang, selain Ario Seto terdapat Brigjen Pol R Adang Ginanjar S. Adang merupakan Pati SSDM Polri penugasan pada Setmilpres.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, puluhan anggota yang naik pangkat tersebut tersebar di dalam struktur dan luar struktur Polri, yakni di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Dampingi Airlangga Hartarto, Salurkan Bantuan Rp1,2 Juta

Perjalan Karir Suyudi Ario Seto

Brigjen. Pol. Suyudi Ario Seto, S.H., S.I.K., M.Si. lahir di Jakarta, 14 Juli 1973 , Pria berumur 47 tahun adalah seorang perwira Polri yang sejak 13 Oktober 2020 mengemban amanat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri.

Perjalanan karier Suyudi, ayah 7 orang putra putri ini memang sarat dengan prestasi, lulusan Akpol 1994 ini berpengalaman spesialis di dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Wadirtipidsiber Bareskrim Polri.

Ia pernah tiga kali menjabat Kasat Reskrim di Polres Jakarta Selatan, Polres Tangerang Kota dan Polres Jakarta Barat. Pengalaman ini membuat Suyudi menguasai bidang penyelidikan dan penyidikan kasus kasus kriminal.

Baca Juga: Bareskrim Dalami Kasus Pembunuhan Sadis Ibu-Anak di Subang

Apalagi saat menjabat Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya tahun 2019-2020, Suyudi berhasil mengungkap kasus kasus kejahatan berskala nasional bahkan internasional.

Sebut saja di tengah Pandemi Virus Corona (Covid 19), mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini mengungkap penimbunan Masker dan Handsanitizer sebanyak lebih dari 3.500 Barang Bukti.

Kemudian pengungkapan mafia perumahan berkedok syariah seluas 90 hektare dengan korban 3.600 orang dan kerugian mencapai Rp 40 miliar.

Dibawah komandonya pula, Ditreskrimum PMJ berhasil mengungkap kasus mafia apartement dengan korban 455 orang dan kerugian mencapai Rp 30 miliar.

Baca Juga: Kasus Lois Owien, Polisi Terapkan Konsep Presisi yang Berkeadilan

Dalam jarak waktu yang tidak lama, Kombes Pol Suyudi Ario Seto juga berhasil mengungkap kasus terkait properti dengan kerugian Rp 214 miliar, dan mengungkap kasus pembobolan rekening bank dengan tersangka 25 orang dalam satu bulan.

Prestasi ini membuat Suyudi dan anak buahnya mendapat penghargaan dari Menteri Agraria & Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Penghargaan ini diberikan Sofyan Djalil, karena Suyudi dan jajarannya sangat membantu ratusan nasabah yang tertipu akibat ulah pengusaha properti fiktif ini.

Baca Juga: Nomer Layanan Dumas Presisi Hotline 110 Siap Terima Laporan Premanisme

Kasus lain yang cukup menyita perhatian publik adalah penangkapan keterlibatan dua anggota Polri yang diduga sebagai pelaku serangan air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Suyudi juga berhasil mengungkap kasus perbudakan seks anak di bawah umur atau child bounded sex dengan korban 20 anak. Atas upayanya itu, alumni Akpol 1994 ini mendapat banyak penghargaan diantaranya dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, MURI, LEPRID serta penghargaan bergengsi lainnya.

Tak heran jika sosok Suyudi disebut sebagai Polisi dengan segudang prestasi. Sebab belum lama ini, Suyudi juga mendapatkan penganugerahan Polisi Selebriti (POLIS) Award 2020 sebagai peraih kategori paling fenomenal berprestasi.

Selain tiga kali menjabat Kasat Reskrim, Suyudi juga salah satu perwira yang empat kali menjabat Kapolres. Ia pernah menjabat Kapolres Majalengka, Kapolres Bogor, Kapolresta Bogor dan Kapolres Jakarta Pusat. Prestasi ini termasuk langka di lingkup Korps Bhayangkara.

Baca Juga: Presiden: Ubah Struktur Ekonomi Berbasis Komoditas Menjadi Ekonomi Berbasis Inovasi Teknologi

Suyudi, sejatinya berawal dari pasukan elite Polri atau Brigade Mobile, tapi seiring waktu pria kelahiran 14 Juli 1973 ini kemudian terjun ke bidang reserse. Sebab itu, promosinya sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat ll, akan memberikan kontribusi bagi jajaran Bareskrim Polri.

Berikut Karir Perjalanan Kombes Pol. Suyudi Ario Seto, SH, SIK, M.Si. :
– Resmob Polda Metro Jaya
Kapolsek Metro Pasar Minggu
– Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan
– Kanit Jatanras Polda Metro Jaya
– Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota
– Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat
– Kanit Resmob Bareskrim Polri
– Kasubdit Ranmor Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2011)
– Kakorsis SPN Lido
Kapolsek Metro Tanah Abang (2012)
Kapolsek Metro Penjaringan
– Kasubbid Paminal Bid Propam Polda Metro Jaya (2014)
Kapolres Majalengka (2014)
Kapolres Bogor (2015)
– Wakapolres Metro Jakarta Barat (2016)
– Kapolresta Bogor Kota (2016)
Kapolres Metro Jakarta Pusat (2017)
– Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri (2017)
– Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2019)
– Wadirtipideksus Bareskrim Polri (2020)
-- Wadirtipidsiber Bareskrim Polri (2020)
-- Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri (2020)

Editor: Bobby San

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Ada Pemuda Papua Ikut Sumpah Pemuda 1928

Senin, 1 Februari 2021 | 19:30 WIB

Sosok Polwan Berhati Mulia

Kamis, 21 Januari 2021 | 12:00 WIB

'HOEGENG' dan Polisi Baik

Rabu, 14 Oktober 2020 | 13:00 WIB

Mengenal Sunaryo Dirut BRI Hasil RUPS-LB BRI 2019

Rabu, 4 September 2019 | 11:00 WIB

5 Orang keturunan yang berjuang untuk Indonesia

Selasa, 5 Februari 2019 | 10:00 WIB

Mengenal Bagus Puruhito Kepala Basarnas yang Baru

Kamis, 31 Januari 2019 | 20:00 WIB

Profil Pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja

Selasa, 29 Januari 2019 | 21:00 WIB
X